Julia Perez, Ria Irawan hingga Syahrini, Tersangkut Kasus First Travel

beritasatu24 – Polisi terus mengembangkan penyidikan kasus First Travel untuk mengungkap penipuan biro perjalanan haji dan umrah, terhadap 35.000 calon jamaahnya. Polisi akan mencari informasi ke pihak-pihak terkait yang bernah berhubungan dengan biro perjalanan ini.

Kini kepolisian mengungkap akan melakukan pemeriksaan kepada sejumlah artis yang ikut biro perjalanan Umrah PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel.

Hal itu diungkap oleh Kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komjen Ari Dono Sukmanto. Komjen Ari Dono Sukmanto menyebutkan kaitan artis ini harus diusut meskipun para artis tidak mengetahui seluk beluk kasusnya.

Namun, Bareskrim akan menggali sejauh dan sebanyak apa orang yang terlibat dalam kasus tersebut. Seperti diketahui, ada tiga nama artis yang disebut-sebut pernah melaksanakan umroh bersama biro perjalanan tersebut.

Adalah Syahrini, Ria Irawan, dan Almarhumah Julia Perez yang mengambil kerlas mewah VVIP. Syahrini sempat mengunggah momen perjalanan spiritualnya itu melalui akun instagram miliknya.

Ia berangkat umrah sekitar Maret 2017 lalu bersama sekitar 18 anggota keluarga dan asisten rumah tangganya. Syahrini dan keluarganya pun pergi berlibur ke Turki setelah menjalankan serangkaian ibadaha umrah. Tak lupa, sosok Anniesa Hasibuan pun ada dalam perjalanan itu.

Selain Syahrini, Ria Irawan dan Julia Perez pun pernah ikut biro perjalanan Umrah First Travel pada Januari 2017 lalu. Mereka pun memamerkan perjalanannya melalui akun instagram masing-masing.

Bahkan, keduanya pergi berlibur ke Turki setelah melaksanakan ibadah Umrah. Saat di Turki, Ria Irawan memamerkan sejumlah momen dirinya di beberapa tempat. Tak lupa, ia juga memakai pakaian serba mewah yang ternyata hasil rancangan bos First Travel, Anniesa Hasibuan.

Namun, fakta di balik perjalanan mereka terkuak. Ternyata pada awalnya Ria tidak berniat melaksanakan umrah bersama biro perjalanan tersebut. Ia hanya mendampingi sang suami yang diminta mendokumentasikan perjalan Umrah Julia Perez.

First travel dan Jupe sendiri melakukan barter untuk menarik keuntungan. Ria mengungkap, Jupe diminta untuk endorse atau promosikan First travel. Namun karena honor Jupe cukup besar, sehingga First Travel membayarnya berupa perjalanan umrah.

Oleh karena itu, Jupe harus mempromosikan dirinya selama menjalani umrah bersama First Travel. “Yg diendorse Jupe. Honor Jupe kan besar. Kalau First Travel tidak bayar pakai uang ( honor ) maka ada barter (berupa perjalanan umrah),” kata Ria Irawan.

sampai di situ, usaha sang bos First Travel untuk mencari keuntungan dilakukan kepada sang artis. Bos First Travel sekaligus desainer kondang Indonesia, Anniesa Hasibuan turut mempromosikan produk rancangannya. Ia mempromosikan produknya itu melalui Jupe dan Ria.

“Berhubung aku artis ternyata & inisiatif bantu meringankan tugas Jupe, jd aku kerjakan spt aku share kegiatan first travel di IG aku @riairawan & foto pakai Anniesa Hasibuan Collection, yg sebenarnya baju tsb dipinjamkan utk Jupe.”

“Tp kondisi Jupe saat itu kan tidak memungkinkan untuk berdiri berlama-lama,” papar Ria.

Alhasil, dari niat Ria membantu Jupe untuk mempromosikan produk biro perjalanan tersebut, ia dan suami turut mendapatkan fasilitas VVIP dalam perjalanan umrah mereka. Sementara, pada awalnya sang suami, Mayky Wongkar hanya mendapat jatah umrah reguler.

Anniesa Hasibuan dan suami Andika Surachman kini ditahan polisi atas dugaan penipuan jamaah umrahnya. Kasus ini masih bergulir. Adik Anniesa, Kiki Hasibuan, juga sudah ditetapkan sebagai tersangka.

beritasatu24 

Berita Lainnya

Leave a Comment