Mengendalikan Mimpi Apa Itu Mungkin? Ternyata Itu Bukan Hal Mustahil

Mimpi merupakan hal yang sering kita alami sewaktu kita tidur dan ini merupakan hal yang tidak pernah kita duga duga Tapi ternyata kamu juga dapat mengendalikan mimpi mu ketika kamu tidur. Penelitian baru di University of Adelaide telah menemukan bahwa kombinasi teknik tertentu akan meningkatkan peluang orang untuk memiliki mimpi jernih dan di saat itu merupakan saat di mana seseorang yang sedang bermimpi memiliki kesadaran bahwa dia sedang berada di dunia mimpi dan di saat itu pulang dia dapat mengendalikan mimpinya sendiri.

Lucid Dream atau yang di maksud mengendalikan mimpi merupakan studi yang sangat sedikit keberhasilan suksesnya dan ini mencegah para peniliti untuk lebih mencoba mengaplikasikan hal ini karena kemungkinannya yang rendah. Penelitian Dr Denholm Aspy di University of Adelaide School of Psychology memfokuskan penelitian untuk mengatasi masalah ini dan mengembangkan teknik induksi mimpi jernih yang lebih efektif.

Penelitian yang di lakukannya ini nampaknya membuahkan hasil karena studi studinya yang telah di publis di jurnal dreaming ini banyak di percaya oleh banyak orang. Studinya mengkonfirmasi bahwa setiap orang dapat meningkatkan peluangnya untuk mengendalikan pikirannya di dalam mimpinya ini untuk menjalankan tubuhnya sesuka dirinya.

BACA JUGA : 5 Tanda Tanda Kamu Sedang Stress Dan Cara Menghilangkan Stress Yang Di Jamin Ampuh

Image result for dreaming

Penelitian ini melibatkan tiga kelompok peserta, dan menyelidiki keefektifan tiga teknik induksi mimpi jernih yang berbeda:

1. pengujian realitas – yang melibatkan pengecekan lingkungan Anda beberapa kali dalam sehari untuk melihat apakah Anda bermimpi atau tidak. Ini merupakan cara yang anda harus lakukan setiap hari karena dalam kenyataannya ini merupakan sesuatu yang mudah namun kamu harus melakukannya secara perlahan untuk menyadarkan dirimu bahwa kamu sedang bermimpi.

2. bangun tidur – bangun setelah lima jam, tetap terjaga untuk waktu yang singkat, lalu kembali tidur agar bisa memasuki masa tidur REM, dimana mimpi lebih mungkin terjadi. (Tidur REM terjadi 90 menit setelah Anda tertidur. Periode pertama REM biasanya berlangsung 10 menit. Setiap tahap REM terakhir Anda akan semakin lama, dan yang terakhir bisa bertahan hingga satu jam. Detak jantung dan napas Anda semakin cepat)

3. MILD (induksi mjemonik dari mimpi jernih) – yang melibatkan terbangun sesudah tidur lima jam serta lalu meningkatkan kemauan untuk mengingat kalau Anda tengah punya mimpi sebelumnya kembali tidur, dengan mengulangi ungkapan : ” Lain waktu saya punya mimpi, Saya juga akan ingat kalau saya tengah punya mimpi. ” Anda juga memikirkan diri Anda dalam mimpi yang jernih.

BACA JUGA : BEBERAPA GEJALA STRES YANG TAK DISADARI WAJIB TAHU SEBELUM DEPRESI DAN BUNUH DIRI

Diantara grup yang terbagi dalam 47 orang yang memadukan ke-3 tehnik itu, peserta menjangkau tingkat kesuksesan 17% dalam mempunyai mimpi jernih sepanjang periode cuma 1 minggu – bertambah dengan penting dibanding minggu basic di mana mereka tidak mempraktikkan tehnik apa pun. Diantara mereka yang dapat tidur dalam lima menit pertama merampungkan tehnik MILD, tingkat kesuksesan punya mimpi jernih tambah lebih tinggi, nyaris 46% dari usaha.

” Tehnik MILD bekerja pada apa yang kita sebut ‘memori prospektif’ – yakni kekuatan Anda untuk mengingat untuk lakukan beragam hal di masa depan. Dengan mengulangi satu ungkapan yang juga akan Anda ingat kalau Anda tengah punya mimpi, itu membuat satu kemauan didalam fikiran Anda kalau Anda sesungguhnya juga akan ingat kalau Anda tengah punya mimpi, menuju mimpi yang jernih, ” kata Dr Aspy, Visiting Research Fellow di University of School of Psychology.

” Yang perlu, mereka yang memberikan laporan kesuksesan memakai tehnik MILD dengan penting kurang kurang tidur esok harinya, tunjukkan kalau punya mimpi jernih tidak mempunyai dampak negatif pada kwalitas tidur, ” tuturnya.

” Hasil ini membawa kita selangkah lebih dekat untuk meningkatkan tehnik induksi mimpi jernih yang begitu efisien yang juga akan sangat mungkin kita pelajari banyak potensi faedah dari mimpi jernih, seperti perawatan untuk mimpi jelek serta penambahan ketrampilan serta kekuatan fisik lewat latihan di lingkungan mimpi yang jernih, ” Kata Dr Aspy.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment