Jalan Kaki Itu Sehat Lho Kamu Gak Percaya?

Beritasatu24.com – Pastinya kita pernah melihat di daerah pedesaan kalau orang tua disana sangat sehat, gesit, dan kuat, bahkan admin juga yakin pasti diantara kalian juga ada yang pernah melihat nenek-nenek dengan umur sekitar 70 tahunan masih bisa mengangkat beban yang berat dan masih kuat melakukan sesuatu hal yang tidak mungkin dilakukan oleh “kids jaman now” kenapa hayo? itu semua karena Jalan Kaki Itu Sehat.

Dari hasil study dan riset yang admin dapet dari beberapa tahun terakhir ini, semakin sering kita berjalan baik dengan tergesa-gesa maupun jalan santai bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan kita lho,

Berikut ini admin berikan 9 manfaat Jalan Kaki Itu Sehat yang dapat diperoleh dari aktifitas jalan kaki.

Jalan Kaki Itu Sehat

1. Serangan Jantung.

Manfaat yang menyatakan Jalan Kaki Itu Sehat yang pertama mungkin kalian juga pernah dengar sebelumnya, dengan berjalan kaki akan menekan risiko serangan jantung, seperti yang kita tahu kalau otot jantung membutuhkan aliran darah lebih deras (dari pembuluh koroner yang memberinya makan) agar tubuh kita bugar dan berfungsi normal memompakan darah tanpa henti, dengan begitu oksigen otot jantung akan berkecukupan (terpenuhi) dan otot jantung kita tetap terjaga untuk bisa tetap berdegup.

2. Stroke. 

Manfaat berjalan kaki dengan juga bisa mengurangi penyakit “stroke“, beberapa studi menunjukkan hasil yang memuaskan, kita bisa lihat dari bukti alami nenek-moyang kita yang lebih sering berjalan kaki di setiap harinya, kasus penyakit “stroke pada zaman dulu (jadul) juga tidak sebanyak sekarang ini.

Dari salah satu studi terhadap 70 ribu perawat dati Harvard School of Public Health yang dalam pekerjaannya tercatat melakukan kegiatan berjalan kaki sebanyak 20 jam (1 minggu), risiko terserang penyakit “stroke” menurun sampai duapertiga (2/3).

3. Berat badan stabil.  

Image result for sexy jogging

Sudah terbukti lho, ternyata dengan membiasakan diri kita untuk berjalan kaki dengan rutin, laju metabolisme dalam tubuh meningkat, selain kalori terbuang, kelebihan kalori yang kemungkinan ada dalam tubuh kita akan terbakar dengan meningkatnya metabolisme tubuh, secara langsung kenaikan berat badan dalam tibuh kita tidak akan terjadi.

4. Menurunkan berat badan. 

Image result for before and after jogging

Sudah pasti berat badan kita dipertahankan dengan stabil, bagi kalian yang mulai kelebihan berat badan bisa kok diturunkan dengan melakukan kegiatan berjalan kaki secara rutin, kenapa? karena kelebihan gajih (lemak) di bawah kulit akan terbakar bila kita rajin melakukan tersebut kurang lebih selama 1jam saja.

5. Mencegah kencing manis. 

Dengan membiasakan diri kita untuk berjalan kaki sekitar 6 km/jam dengan waktu tempuh sekitar 50 menit, ternyata bisa menunda atau mencegah berkembangnya “diabetes“, khususnya bagi mereka yang bertubuh gemuk.

Diabetes bisa diatasi tanpa perlu minum obat lho, semua bisa di atasi dengan memilih gerak badan rutin secara berkala, karena gula darah dalam tubuh kita bisa terkontrol hanya dengan cara bergerak badan (brisk walking), itu berarti hanya dengan berjalan kaki kita mendapat manfaat yang sama dengan mengkonsumsi obat antidiabetes.

6. Mencegah osteoporosis.

Sudah pasti dengan gerak badan dan berjalan kaki, bukan hanya otot badan saja semakin kokoh, begitu juga dengan tulang kita. Untuk metabolisme kalsium gerak badan juga sangat diperlukan, karena ekstra kalsium dan vitamin D saja tidak cukup untuk mencegah maupun memperlambat proses “osteoporosis“.

Tubuh juga butuh pergerakan badan dan juga memerlukan waktu kira-kira sekitar 15 menit dengan mendapatkan cahaya sinar matahari (pagi hari) agar terbebas dari ancaman “osteoporosis.

Bagi mereka yang suka melakukan gerak badan (sejak muda) dan juga mengkonsumsi kalsium yang cukup, bisa diperkirakan sampai menginjak usia 70 tahun terbebas dari ancaman “osteoporosis.

Nah untuk lebih lengkapnya kamu bisa lihat di http://penyakitosteoporosis.com/ untuk mengetahui lebih lengkap tentang apa itu osteoporosis dan cara menyembuhkannya.

7. Meredakan encok lutut. 

Ada kira-kira lebih dari sepertiga orang usia lanjut (lansia) di Amerika mengalami encok lutut (osteoarthiris) hanya dengan membiasakan diri berjalan kaki atau memilih berjalan di dalam kolam renang, keluhan nyeri encok dan lutut sedikit demi sedikit bisa mereda.

Bagi mereka yang mengidap encok lutut, kegiatan berjalan kaki boleh dilakukan berselang-seling (tidak setiap hari), tujuannya adalah memberi kesempatan kepada sendi untuk memulihkan diri.

8. Depresi.  

Image result for stress relief

Ternyata Jalan Kaki Itu Sehat tidak hanya untuk kesehatan fisik, dengan menggerakan tubuh dan berjalan kaki juga bisa membantu kita mengurangi “depresi” lho, berjalan kaki juga bisa menjadi obat antidepresi yang harus kita minum secara rutin (apabila mengalami), studi ihwal terbebas dari depresi dengan berjalan kaki dan sudah dikerjakan lebih dari 10 tahun.

9. Kanker. 

Dengan Jalan Kaki Itu Sehat juga dapat melawan untuk mencegah terjadinya Kanker bila kita rajin berjalan kaki ( yang dimaksud jenis kanker usus besar “colorectal carcinoma“), seperti yang sudah kita ketahui, dengan kita aktif bergerak badan pun ikut melancarkan peristaltik usus, sehingga dalam buang air besar bisa lebih teratur, kanker usus juga disebabkan oleh tertahannya kotoran di dalam perut kita lebih lama di saluran pencernaan.

Studi lain juga menyebutkan kalau peran berjalan kaki kemungkinan memberikan peran dalam penurunan risiko terkena kanker payudara.

Jadi bagaimana kawan-kawan beritasatu24.com tidak ada salahnya kan untuk mencoba berjalan kaki minimum 30 menit sehari ya..  semoga bisa menyehatkan badan serta tubuh kita semua, yuk kawan..

Berita Lainnya

Leave a Comment