11 Pangeran Arab Saudi Ditangkap Termasuk Billionaire Alwaleed bin Talal

Pangeran Arab Saudi Ditangkap

Beritasatu24.com-Sabtu malam 11 Pangeran Arab Saudi Ditangkap dan sudah di umumkan surat penangkapannya yang termasuk sang pangeran sekaligus investor miliarder terkemuka Pangeran Alwaleed bin Talal dan 10 pangeran lainnya dan juga empat menteri dan puluhan mantan menteri.

Pengumuman penangkapan yang telah di buat atas Al Arabiya ini telah di siarkan secara langsung lewat jaringan satelit milik Saudi yang siarannya telah di setujui dan nampaknya kebenaran 11 Pangeran Arab Saudi Ditangkap karena terduga kasus korupsi ini akan menjadi gelombang kejut yang sangat mengejutkan baik kerjaan Arab Saudi baik perekonomian negara tersebut.

Pangeran sekaligus Billionaire Alwaleed bin Talal merupakan seseorang yang mengendalikan perusahaan investasi Kingdom Holding dan merupakan salah satu orang terkaya di dunia, memiliki atau memiliki saham utama di 21st Century Fox, Citigroup, Apple, Twitter dan banyak perusahaan terkenal lainnya. Pangeran juga mengendalikan jaringan televisi satelit yang ditonton di seluruh dunia Arab.

Kampanye penyapuan atau pemberishan ini juga nampaknya menjadi alasan mengapa ke 11 Pangeran Arab Saudi Ditangkap. Ini merupakan langkah terakhir untuk memperkuat posisi sang putra mahkota Mohammed bin Salman yang sekaligus menjadi putra kesayangan dan penasihat utama Raja Salman itu sendiri.

Image result for pangeran mohammed bin salman
Pangeran Mohammed bin Salman

Mohammed bin Salman sendiri memang merupakan seorang putra mahkota yang sangat tegas dan memiliki suara yang dominan dalam kebijakan militer, asing, ekonomi, dan sosial Saudi yang di usianya hanya 32 tahun ini. Dan perbuatannya ini tapi tidak selalu di anggap baik oleh semua keluarga kerajaan karena di umurnya yang muda dia sudah bisa mengumpulkan semua kekuatan pribadinya yang dominan itu. Terkait dengan kasus 11 Pangeran Arab Saudi Ditangkap akibat korupsi ini juga membuat raja Salman sendiri menunjuk sang putra mahkota untuk memimpin komite anti korupsi untuk melakukan penangkapan tersebut.

BACA JUGA : Anies: Pemukiman Liar Amat Mengganggu, Nanti Kami Tertibkan

Al Arabiya juga sudah menyatakan bahwa komite antikorupsi memiliki hak untuk menyelidiki, menangkap, melarang melakukan perjalanan, atau membekukan aset siapa pun yang dianggap korup dan ini merupakan suatu kebijakan yang tegas oleh pemerintah Arab Saudi sendiri mengingat perbedaan peraturannya dengan di Indonesia sendiri.

Para bangsawan nampaknya akan di tahan di Hotel Ritz Carlton di Riyadh, hotel royal de facto mengingat di adakannya evakuasi yang telah di lakukan sejak sabtu kemarin. Dan Bandara untuk pesawat pribadi juga sudah ditutup, menimbulkan spekulasi bahwa putra mahkota berusaha untuk menghalangi pengusaha kaya Billionaire Alwaleed bin Talal dan 11 Pangeran Arab Saudi  lainnya untuk melarikan diri sebelum penangkapan lebih banyak.

Pangeran Alwaleed bin Talal

Kasus ini nampaknya juga membuat Donald Trump mendukung sang putra mahkota Arab Saudi mengingat pernah adanya perselisihan yang terjadi antara Donald Trump dan pangeran Alwaleed pada tahun 2015 melalui media social Tweeter.

الوليد بن طلال ✔ @ Alwaleed_Talal :
@ realDonaldTrump
Anda adalah aib tidak hanya bagi GOP tapi juga untuk seluruh Amerika. Menarik diri dari pemilihan presiden A.S karena Anda tidak akan pernah menang.
2:02 AM – 12 Des 2015

Donald J. Trump ✔ @ realDonaldTrump
Pangeran Pemabuk @Alwaleed_Talal ingin mengendalikan politisi A.S. kami dengan uang ayah. Tidak bisa melakukannya saat aku terpilih. #Trump2016 
10:53 AM – 12 Des 2015

Pada tahun ini Trump juga sudah meningkatkan hubungan yang hangat serta sama-sama mensupport dengan putra mahkota yang berkuasa, yang sudah meroket dari orang biasa menjadi sang pengambil alih fungsi negara yang paling penting.

BACA JUGA : BEGINILAH CANDAAN JOKOWI DENGAN BOS BANK DUNIA YANG BIKIN HEBOH

Dan lagi lagi walaupun nampaknya kekuatan Sang putra mahkota Mohammed bin Salman sudah berhasil menumpas korupsi ini namun tidak semua orang menganggapnya ini bagus Yang lain memandangnya jadi orang yang kurang ajar, haus kekuasaan serta tidak memiliki pengalaman, serta mereka membenci dia karna berani melewati kerabatnya yang lebih tua serta memusatkan demikian banyak kemampuan di satu cabang keluarga.

Image result for raja salman
Raja Saudi Arabia Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud

Kejadian 11 Pangeran Arab Saudi Ditangkap ini juga terjadi begitu cepat hanya setelah raja menggantikan menteri yang bertanggung jawab atas penjagaan nasional Saudi dengan mentri barunya Pangeran Mutaib bin Abdullah, yang menguasai angkatan bersenjata terakhir Saudi yang belum dianggap terkendali sebagai pangeran mahkota.

Raja bernama Putra Mahkota Mohammed menjadi menteri pertahanan pada tahun 2015. Dan awal tahun. ini, raja mengangkat Pangeran Mohammed bin Nayef jadi kepala kementerian dalam negeri, meletakkannya dibawah tahanan tempat tinggal serta memperluas dampak pangeran mahkota atas pasukan kementerian dalam negeri, yang melakukan tindakan jadi angkatan bersenjata ke-2.

Desas-desus sudah mengedar mulai sejak waktu itu kalau Raja Salman serta anak kesayangannya juga akan selekasnya bergerak menghadapi Pangeran Mutaib, komandan angkatan bersenjata ke-3 yang merupakan mantan kompetitor mahkota.

 

Berita Lainnya

Leave a Comment