7 Makanan Enak Khas Cianjur Yang Di Bilang Orang Sunda “Pang Ngeunah Na”

Info Unik Beritasatu24 – Siapa sih yang ga tau sama masakan orang Cianjur yang bisa di bilang nganenin bangetttt. Orang Cianjur yang di kenal sebagai salah satu warga Indonesia yang terkenal ramahnya ini merupakan warga Indonesia yang selalu memegang adat leluhurnya. Dan sampai sekarang mereka selalu memegang teguh adat traditionalnya dan sampai sekarang juga semua resep Makanan Enak Khas Cianjur juga selalu di hadirkan dengan cara traditional yang tentunya memiliki rasa khas yang tidak dapat di bandingkan. Dan kalau kamu yang merupakan orang yang suka berwisata dan salah satu food hunter kamu harus berkunjung nih ke kota Cianjur ini. Kamu wajib coba beberapa makanan yang saya akan sampaikan ini karena di jamin Pang Ngeunahna kalo kata orang sunda mah eyyyy.

Info Unik Makanan Enak Khas Cianjur

1. SEBLAK

Makanan Enak Khas Cianjur

Kalau kamu pergi ke bandung atau suka bumi kamu harus coba nih sama jajanan satu ini. Seblak namanya emang agak aneh namun rasanya beuuhh dahsyat. Seblak ini sebenarnya cuma jajanan khas sekolahan yang cukup simpel namun rasanya enak banget. Seblak ini terbuat dari kerupuk mentah yang biasa kamu makan di tukang nasi goreng cuma ini di olah secara berbeda. Kerupuk mentah ini akan di olah dengan cara di rendam di air namun di cuci terlebih dahulu ya karena jika kamu tak  cuci nanti kerupuknya akan berbau tak sedap. Nah setelah di tinggal beberapa lama maka kerupuknya pun udah ga akan terasa keras lagi dan akan terasa kenyal kenyal. Nah setelah itu kamu tinggal buang airnya dan di masak dengan telor ,bawang sedikit bumbu penyedap dan sudah terasa sangat mantap. Di jaman sekarang seblak ini sudah memiliki banyak model dan rasa untuk mengikuti perkembangan jaman namun walaupun begitu rasa khas sunda asli tetap tidak kalah dengan versi sekarangnya. Mungkin untuk kamu yang sering jalan jalan ke mall yang suka icip icip tau nya itu Seblak itu isnya makaroni, mie ,dll ya namun sebenarnya itu terbuat dari seblak dan masaknya tuh simpel banget bahkan orang rumahan pun bisa buat jajanan enak ini dan yang paling keren tuh harganya murah dong hehe dan terjangkau banget karena bahanya itu cuma krupuk ajah kecuali kamu mau menambahkan daging lagi ya jadi mahal :V

2. Lotek

Makanan Enak Khas Cianjur

Lotek eyyy kalo kamu yang pecinta gado gado nih kalo di Jakarta setiap pulang kerja atau sekolah nyarinya gado gado atau ketoprak nah kamu wajib coba Lotek nih kalo ke Cianjur. Lotek emang bisa di bilang cukup mirip dengan gado gado atau ketoprak bedanya cuma di isinya saja. Kalau ketoprak ada tahunya , kalau gado gado pakai sayuran ajah, nah kalau lotek dia pakai sayuran rebus dan suka di tambahkan berupa tempe, terasi, gula merah, sama bawang putih. Lotek ini juga ga kalah enaknya sama gado gado kalau kamu ke cianjur wajib nih coba bandingin mana yang lebih enak. Rasanya itu beuh enak deh pokoknya makanan paling cocok untuk kamu yang mau diet nih udah enak ga bikin gemuk lo hehe. Sambel kacangnya tuh yang di tambah dengan trasi tuh jadi makin enak banget deh rasanya tuh bikin kamu nambah lagi  deh.

BACA JUGA : 6 Makanan Berbahaya Teraneh Namun Sangat Disukai Dan Paling Laku

3. Sate Maranggi

Makanan Enak Khas Cianjur

 

Doyan sate ? tapi alergi kacang? nah ada solusinya nih guys Kalo kamu ke Cianjur sebaiknya cepet cepet stock banyak banyak Sate Maranggi nih guys karena laku abis tapi tenang ajah ga usah buru buru juga ya karena yang jual juga banyak kalo kamu ke Cianjur. Namun salah satu warung paling laku bisa kamu liat di Sate Maranggi Sari Asih, Cipanas. Kalo kamu lagi liburan nih lewat sini bisa di bilang tempat satu ini penyebab kemacetan di sore sore. Karena pengunjungnya tuh bisa di bilang ga ada hentinnya dateng bahkan mulai dari pagi sampai pagi lagi juga ga ada berentinnya. Jadi ketauan dong seberapa enaknya. Nah ngomong ngomong nih sate maranggi juga halal lo karena terbuat dari daging sapi dan  makannya itu juga udah enak walau ga pakai bumbu kacang karena rasanya tuh renyah banget serta ngeunah lah pokokna kalo kata orang sunda mah. Untuk kamu yang doyan pedes sate maranggi juga di lengkapi dengan pendamping oncom yang rasanya juga enak banget kalo di makan bareng sate maranggi. Dan khasnya disini kamu bisa makan sate pakai ketan yang juga di masak dengan cara di bakar sama kaya satenya nih guys.

4. Ikan Bakar Cianjur (IBC)

Makanan Cianjur

Makanan Cianjur

Jangan salah nih kalo kamu kira Orang sunda tuh cuma makan ayam, sapi, sama sayur ajah karena untuk kamu  yang suka makan seafood di sini juga ada menu makan seafood Ikan Bakar khas cianjur yang pastinya bikin lidah bergoyang. Ikan bakar cianjur ini sebenarnya sebuah rumah makan khas cianjur yang memberikan berbagai resep makanan yang tentunya bikin ngiler. Seperti namanya IBC juga menyediakan menu makan seafood terpopulernya yaitu ikan Bakar yang rasanya itu renyah banget serta menggelitik di mulut. Kalau kamu kesini hati hati ga bisa balik nanti karena ke pincut sama masakan ikan bakarnya ini. Resep makanan Enak Khas Cianjur yang di miliki oleh restaurant IBC ini memang membuat restaurantnya selalu ramai di kunjungi dan populer banget tentunya di Cianjur.

BACA JUGA: 7 Makanan Termahal Yang Bisa Dibilang Sangat Unik Dan Aneh

5. Roti Tan Keng Cu

Makanan Cianjur

Kalau kamu orang Cianjur pastinya udah ga mungkin lagi tidak tahu dengan yang namanya Tan Keng Cu. Roti khas cianjur ini merupakan jajanan yang bisa kamu beli di pinggiran kota Cianjur. Walaupun di jual di pinggiran rasanya itu juga gak kalah sama yang di mall mall. Udah enak, manis dan pokoknya top banget deh dan yang paling hebat tuhhh walaupun rasanya enak begini harganya itu murah banget. Bahkan Roti tawarnya itu berkisar 2.000 an ajah dan itu ga sedikit lo kalau kamu makan sendiri mungkin bisa untuk seharian. Dan disini juga di jual berbagai jenis roti buat kamu yang bosenan ni dan tentunya semuanya ini enak dan masih hangat trus loh. Dan yang jual disini juga warga sini yang pastinya baik baik banget tapi jangan di tawar lagi ya karena harganya pun sudah murah.

6. Geco

Makanan enak

Makanan enak

Kalo yang suka asem manis pedas kaya rasanya nano nano atau mungkin perasaan kamu saat ini hehe :V Kamu boleh cobain makanan enak khas cianjur nih Geco namanya . Geco yang merupakan bahan utamanya Toge Tauco. Geco ini rasanya tuh seger bangettt dan biasanya tuh di hidangkan dengan tambahan mie, toge, dan tauco kering plus bumbu bumbu penyedap rasa yang membuat hidangan ini benar benar jajanan yang ga boleh terlewat kalo lagi di cianjur.

7. Ayam Goreng Alam Sunda (Makanan Enak Khas Cianjur)

Makanan enak

Makanan enak

Makanan enak

Makanan enak khas Cianjur yang kalau saya bilang paling ngangenin ya ayam gorengnya rumah makan alam sunda. Rumah makan ini kalau di bilang paling hebat kalo bikin masakan ayam goreng. Berbeda dari biasanya bener bener ngeunahhh eyyy. Ayam goreng ini punya rasa yang renyah banget trus ada tambahan krenyes krenyes nya juga lo yang bikin makan tuh tambah enak deh pokoknya. Dan makanan ini cocok untuk kamu yang doyan pedas atau pun yang nggak nih karena di rumah makan ini menyediakan 2 sambal. Yang satu adalah sambal tomat yang kalo saya bilang itu favorit banget. Dan satu lagi untuk pecinta pedas sambel yang di mix dengan berbagai jenis tumbuhan ini bener bener pedas gila. Namun yang paling enak sih ya kalau di campur 2 sambal ini trus di tambahin kecap. Cocok banget untuk nemenin waktu kamu habis pulang kerja nih. Kalo saya sendiri sih untuk Makanan Enak Khas Cianjur sih paling suka masakan satu ini. Karena tak hanya ayam kamu juga bisa pilih berbagai hidangan lain mulai dari lele, ati ampla , bebek dan mungkin tambahan pete untuk kamu yang suka rasa pete hehe :V

Nah itu dia Info Unik Beritasatu24 gimana udah pada ngiler blum ni hehe. Untuk kamu yang pada suka makan mendingan langsung cus deh ke cianjur ya hehe dan jangan lupa sambil di jalan baca juga ya beritasatu24 yang tentunya paling terupdate dan paling seru info uniknya.

Berita Lainnya

Leave a Comment