Kepala BMKG Umumkan Gempa Tasikmalaya Sudah Aman Dari Tsunami

Gempa terbesar Tasikmalaya

Berita Terkini Nasional – Peringatan Tsunami Level Awas yang telah membayangi malam malam Warga Tasikmalya pada jam 12.00 hingga jam 02.26 WIB nampaknya sudah tidak perlu terlalu di khawatirkan lagi oleh warga Tasik. Karena menurut peringatan gempa Tasikmalaya dari Kepala BMKG menurut data data yang telah di miliki olehnya ini Kemungkinan Tsunami Pasca Gempa sudah semakin menipis.

Peringatan potensi tsunami akibat gempa berkekuatan 69 Skala Richter dinyatakan sudah kami akhiri,” ujar Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati, dalam keterangannya di televisi, Sabtu (16/12/2017) dini hari.

Peringatan yang telah ada sejak 2 jam terjadinya gempa terbesar yang berkekuatan hingga 7.3 SR dengan gempa susulan 6.9 SR ini nampaknya telah di cabut setelah gelombang magnitude yang semakin lama semakin rendah dan mulai stabil dan di dukung dengan bukti bukti dari peningkatan air laut yang tidak terlihat terlalu menaik dengan signifikan.

Situasi Tasik setelah merasakan Gempa Tasikmalaya
Situasi Tasik setelah merasakan Gempa Tasikmalaya

Menurut Dinas BMKG warga juga sudah bisa kembali ketempat tinggalnya masing masing setelah pencabutan peringatan Tsunami ini. Dan Menurut BMKG warga juga sudah bisa aman melakukan aktivitasnya kembali seperti biasa namun sebelum melakukan aktifitasnya di harapkan mengechek beberapa bagian rumahnya karena ada kemungkinan beberapa retakan yang ada di rumah warga dapat runtuh dengan mudah akibat gempa Tasikmalaya yang telah melanda.

BMKG Cabut bahaya Tsunami Gempa Tasik Malaya
BMKG Cabut Bahaya Tsunami Gempa Tasik Malaya

“Kami memantau perubahan air laut dan mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan meningkatkan kewaspadaan,” kata Kepala Satpolairud AKP Tri Andri.

Dan untuk warga yang mengalami luka luka untuk warga sekitar di mohon bantuannya untuk mengevakuasi warga dengan membawa warga yang terluka kepada tim SAR atau membawanya langsung ke tempat evakuasi yang di terapkkan oleh RSUD SMC. Pihak kepolisian juga sudah menggerakan pasukannya untuk terus memantau warganya dan membantu mengecheck bagunan warga agar tidak terjadi kecelakaan yang tidak di ingin kan kembali.

Berita Lainnya

Leave a Comment