Presiden Erdogan Rencana Membuka Kedubes Turkey Di Yerusalem

Presiden Erdogan Rencana Membuka Kedubes Turkey Di Yerusalem

Berita Terkini Internasional – Keadaan yang seiring waktu semakin memanas akibat keputusan Trump yang baru saja di beberkan beberapa hari ini tentang perubahan status Yerusalem Sebagai ibu kota Israel memang sudah di pertanyakan oleh di dunia. Bahkan beberapa hari terakhir ini beberapa negara seperti Indonesia yang telah melakukan Aksi 1712 yang merupakan aksi bela Islam di Palestina dan juga Turkey yang terus menerus mengkritik keputusan Trump ini memang semakin terlihat sangat sengit. Keputusan Trump ini membuat Presiden Turkey Erdogan nampaknya mengambil keputusan besar untuk Presiden Erdogan Rencana Membuka Kedubes Turkey Di Yerusalem.

Turkey berharap bahwa negaranya ini dapat membuka Kedutaan nya di Yerusalem Timur untuk membantu umat islam di Palestina untuk seluruh dunia mengakui bahwa Yerusalem sebagai ibu kota Palestina. Namun perencanaan dari Presiden Erdogan ini juga di jelaskan secara rinci bagaimana mereka akan memindahkan Kedutaan nya ke Yerusalem dimana sekarang Yerusalem masih di bawah kekuasaan Israel dan apalagi sekarang Yerusalem telah di jadikan ibu kota oleh Israel.

Kota Yerusalem memang sudah di perebutkan oleh Palestin dan Israel sejak dahulu kala dan pengakuan kota ini pun masih belum di sahkan secara Internasial melalui pengakuan dunia. Dalam sejarahnya Kota Yerusalem ini di anggap sebagai kota paling suci ketiga di dunia setelah Madinah dan Mekkah yang mana memang Yerusalem di sebut sebut sebagai Kota Suci dari 3 agama yaitu Islam, Kristen, Yahudi.

Presiden Erdogan Rencana Membuka Kedubes Turkey Di Yerusalem

Namun akibat campur tangan Trump dalam pengakuan kota tersebut hal ini menjadi merusak hubungan negosiasi kedamaian atas Palestina dan Israel yang seharusnya memang tidak boleh di sentuh oleh politik dan hukum. Dalam pidato yang di lakukan presiden Erdogan di provinsi Karaman di Turkey Konsulat Jenderal di Yerusalem telah di wakili oleh Duta besar Turkey.

“Insya Allah, hari sudah dekat saat resmi, dengan izin Tuhan, kita akan membuka kedutaan kita di sana,” kata Erdogan saat menyampaikan pidato Erdogan Rencana Membuka Kedubes Turkey Di Yerusalem

Presiden Erdogan Rencana Membuka Kedubes Turkey Di Yerusalem

Turkey ingin memastikan bahwa status Yerusalem masih blum pasti dimana dapat di lihat banyaknya kedubes asing yang masih berada di sana termasuk Turki yang telah merencanakan ini untuk membantu Palestina. Dan bahkan ada bantuan dari 50 negara muslim yang mendakan pertemun pada Rabu kemarin yang mengatakan bahwa mereka menganggap langkah Trump sebagai sebuah deklarasi bahwa Washington menarik diri dari perannya sebagai sponsor perdamaian di Timur Tengah.

Langkah Erdogan Rencana Membuka Kedubes Turkey Di Yerusalem ini juga di harapkan akan menyelesaikan permasalahan Palestina agar Yerusalem dapat kembali menjadi Ibu Kota Palestina dan membuat hal itu sah secara International.

Sekian Berita Internasional Berita satu 24 Jangan Lupa BACA JUGA:

Berita Lainnya

Leave a Comment