Jenis Barongsai di Seluruh Dunia, Indonesia Punya Serem Banget !!!

Jenis Barongsai di Seluruh Dunia, Indonesia Punya Serem Banget !!!

Info Unik Dunia Beritasatu 24 – Demi rangka menyambut tahun baru Imlek sebelumnya  segenap tim Beritasatu 24 mau bilang ajah nia SELAMAT TAHUN BARU IMLEK 2569 GONG XI FA CAI semoga di tahun baru ini semua di beri kelancaran dan kesehatan ya. Nah langsung ajah nih pasti kalau setiap imlek itu kentel banget dengan yang namanya lion dance atau barongsai, namun apa kamu tahu nih bahwa yang namanya lion dance ini memiliki beragam jenis barongsai di seluruh dunia dengan bentuk yang sangat beragam? Jenis Barongsai di Seluruh Dunia ini juga merupakan sebuah tradisi yang di percaya sudah ada sejak jaman dinasti Tang dan di percayai akan membawa keberuntungan bagi setiap orang yang merayakannya

Ragam Jenis Barongsai di Seluruh Dunia

1. Barongsai China Utara

Tarian singa China
Barongsai China Utara
Tarian singa China
Anjing Fu

Jenis Barongsai di Seluruh Dunia pada awalnya berasal dari China dan Tarian singa China Utara ini merupakan tarian yang khas di China dan memiliki keunikan dimana di dalam setiap pertunjukkan selalu ada 2 barongsai yaitu barongsai betina dan barongsai jantan. Tampilannya juga cukup berbeda dengan barongsai yang biasa kita lihat yaitu dari topeng singa emasnya, pita merah (Jantan), pita hijau (Betina), dan  rambut kuning. Ide barongsai ini juga di dapat dari kemiripannya dengan anjing pekingese atau anjing Fu yang merupakan anjing penjaga yang memiliki badan besar yang sering menjaga kuil kuil di beberapa tempat suci China. Dan tak hanya memiliki pasangan terkadang Barongsai ini juga tampil dalam satu keluarga yang memiliki barongsai dewasa dan barongsai muda di dalam pertunjukan tarian singanya.

2. Barongsai China Selatan

Tarian singa China Selatan

Nah ragam jenis barongsai di seluruh dunia yang satu ini pasti kamu sudah sering lihat dan ini lah yang menjadi tarian singa yang paling utama dan juga tersebar paling luas di seluruh dunia. Tarian singa ini berasal dari bagian China Selatan yang merupakan tradisi kanton dari Guangdong. Singa yang di dandani ini juga merupakan barongsai paling meriah dengan beragam dekorasi warna serta keragaman nya juga yang masih memiliki beberapa bagian yang mungkin belum kamu tahu sebelumnya.

Tarian singa China Selatan

Warna, dari warnanya saja itu sudah menunjukkan sebuah keragaman dari singa tersebut yang menunjukkan umur  dari sang singa dimana putih merupakan barongsai tertua, dengan bulu emas merupakan barongsai anak tengah, dan terakhir bulu hitam yang merupakan barongsai yang paling muda.

BACA JUGA : 8 Aktor Dengan Bayaran Termahal Di Dunia Yang Bikin Ngiri Pesaingnya

Pembagian Jenis Barongsai China Selatan dari Tiga Kerajaan China

Sejarah Tarian Singa

     1. Liu Bei

Sejarah Tarian Singa

Barong sai ini memiliki ciri khas seperti kerajaan  Shu-Han dengan sebagian wajah yang berwarna putih serta memiliki beragam warna di bagian buntut yang menandakan 5 elemen. Barongsai ini juga memiliki 3 buah koin yang menandakan sebagai tertua dari 3 saudara.

     2. Guan Gong

Sejarah Tarian Singa

Tampil dengan dekorasi penuh dengan warna hitam dan jenggot panjang warna hitam serta sedikit tambahan warna merah ini merupakan singa yang menggambarkan  sang pahlawan perang dari dinasty Han, Guan Yu. Biasanya barongsai ini juga memiliki warna buntuk merah hitam serta sedikit warna putih di bagian buntutnya. Barongsai ini juga memiliki 2 buah koin yang menandakan sebagai yang kedua tertua dari 3 bersaudara.

    3. Zhang Fei

Sejarah Tarian Singa

Sang sahabat dari Guan Yu ini dia Zhang Fei yang juga memiliki barongsai yang berciri khas jenggot hitam pendek, kuping kecil, dan bulu hitam serta buntut hitam putihnya yang memiliki kemiripan seperti Guan Yu. Barongsai ini juga memiliki sebuah koin yang menandakan sebagai saudara termuda dari 3 bersaudara.

3. Barongsai Hijau Hokkien

Barongsai Hijau

Keturunan Provinsi Fujian yang sering berbahasa Hokkien juga memiliki jenis barongsainya sendiri yang memiliki keunikan dengan warnanya yang hijau. Untuk semua dekorasi mungkin barongsai satu ini hampir sama dengan barongsai China selatan namun dengan warna yang sebagian besar berawarna hijau.

4. Barongsai Vietnam

Jenis Barongsai di seluruh dunia

Jika di vietnam sebenarnya ini bukan di panggil sebagai barongsai atau lion Dance melainkan Unicorn dance. Namun tetap saja masih terlihat sama seperti barongsai China Selatan namun dengan karakteristik lokal yang membuat nya sangat unik dan tampak sangat berbeda dari barongsai lainnya. Tarian ini juga biasanya di rayakan ketika hari raya tahun baru bulan di Vietnam. Orang orang yang berhati baik di percaya dapat memanggil jiwa sang unicorn yang di percayai akan menjadi kebaikan di dalam ke percayaan Buddhist di Vietnam.

BACA JUGA : 7 Game PS4 Terbaik 2018 Yang Tidak Boleh Terlewat, Di Jamin On 24Jam

5. Barongsai Jepang

Jenis Barongsai di seluruh dunia

Barongsai Jepang

Kalo yang satu ini mungkin bisa di bilang sangat berbeda dari yang lain dimana biasanya barongsai di gunakan oleh 2 orang, namun di Jepang Barongsai ini hanya di gerakan oleh satu orang saja. Namun tak hanya ini saja tradisi tarian singa sudah sangat melekat di negara Jepang hingga bahkan Jepang memiliki 9.000 variasi tariang singa dengan beragam keunikan yang sangat mengagumkan.

6. Barongsai Korea

Korea juga merupakan salah satu negara yang merayakan tarian singa sejak 6 abad yang lalu yang di juluki “Pembawaan Singa”. Tradisi ini bahkan masih bertahan hingga sekarang yang masih memiliki 2 jenis tarian singa yang berasal dari Eunyul Talchum dan Bukcheong Sajanoreum.

Bukcheong Sajanoreum

barongsai korea

Eunyul Talchum

barongsai korea

BACA JUGA : 5 Aktor Bela Diri Terbaik Di China Yang Memiliki Keahlian Kungfu Nyata !!!

7. Barongsai Tibet

barongsai tibet

Berasal dari himalaya dan Tibet tarian singa ini biasa di juluki dengan tarian singa salju yang juga merupakan berasal dari ritual Buddhist. Tarian ini sendiri juga sangat populer di negara Tibet yang memiliki simbol festival tahun baru yang di artikan sebagai kekuatan, tanpa takut, dan kebahagian.

8. Barongsai Indonesia

Walaupun berbeda dengan perayaan barongsai lainnya yang biasanya merayakan tahun baru Imlek dari ajaran Buddhist namun Indonesia juga termasuk dari salah satu ragam jenis barongsai di seluruh dunia dimana Indonesia juga memiliki 2 ragam jenis tarian Singa yang berasal dari adat dan budaya yang beragam di Indonesia.

Reog Ponorgo

barongsai Indonesia Reog

Reog merupakan tarian dari Indonesia yang juga memiliki ciri khas singa yang berasal dari Jawa dan Sunda. Tarian ini di gerakan oleh satu orang yang menggunakan topeng raksasa yang memiliki berat sekitar 30 sampai 40 kg dimana satu orang itu harus menggerakan hanya dengan kekuatan gigi mereka.

Barong

barongsai Indonesia Barong

Tarian yang juga berasal dari Indonesia ini merupakan tarian khas Bali yang merupakan tarian singa Barong yang di ambil dari mitologi Bali dari suatu mahluk seperti singa yang merupakan raja dari para jiwa, pemimpin yang baoik dan musuh dari Randa yang merupakan ratu iblis dan ibu  dari segala pelindung JIwa dari mitologi bali. Tarian ini juga menunjukkan sebuah rekayasa dari kebaikan dan juga keburukan.

DominoQQ

Berita Lainnya

One Thought to “Jenis Barongsai di Seluruh Dunia, Indonesia Punya Serem Banget !!!”

  1. Terima kasih gan, keren ni blog nya gan

Leave a Comment