Gunung Sinabung Meletus! Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 5.000 Meter

Gunung Sinabung Meletus! Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 5.000 Meter

Berita Terkini Gunung Sinabung – Pagi ini tepatnya Senin, 19 Februari 2018 Amukan alam kembali terjadi menimpa tanah Sumatera Utara, Indonesia. Gunung Sinabung Meletus di kawasan Kabupaten Karo dimana hal ini juga menyebabkan erupsi yang cukup parah di kawasan sekitar yang tercatat sebagai keadaan Darurat oleh Petugas Pengamat Gunung Sinabung Pusat Vulkanologi (PVMBG).

Reka Ulang, Akibat, dan Keadaan Setelah Gunung Sinabung Meletus!

Gunung Sinabung Meletus! Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 5.000 Meter

Pada pagi hari sekitar jam 08.50 WIB Gunung Sinabung yang terletak di Kabupaten Karo tiba tiba saja meledak dan menyebabkan Erupsi dahsyat yang mencapai 5 KM jauhnya dimana, Hal ini menjadi salah satu bencana alam yang cukup parah dimana bahkan letusan Abu Vulkanik dari Gunung Sinabung terlihat mencapai 5.000 Meter tingginya yang bahkan merupakan ledakan yang cukup tinggi.

Awan Panas dari abu Vulkanik ini juga di perkirakan mengarah ke selatan Tenggara dan Tenggara Timur menurut Kepala Pos PVMBG yang menjadi saksi kejadian dahsyat ini. “Jarak luncur sektoral mengarah ke Selatan-Tenggara dengan ketinggian 4900 meter. Sementara arah Tenggara-Timur mencapai 3500 meter dengan amplitudo 120 milimeter,”

Karena hembusan angin Kabupaten Karo saat ini juga sedang di landa asap abu yang cukup lebat yang menututupi daerah tersebut dengan abu vulkanik, dan tak hanya abu saja karena ledakan tersebut abu tersebut juga di sertai oleh beberapa batuan kecil yang terangkat oleh angin ledakan.

BACA JUGA : Pesawat Gubernur Aceh Mendarat Darurat, di Duga Kerusakan Mesin

Gempa kecil juga di rasakan sekitar 10 Menit lebih ketika ledakan Gunung Sinabung Meletus itu terjadi, Namun untungnya ini hanya gempa kecil saja yang tidak menimbulkan retakan yang cukup parah yang dapat menyebabkan ledakan susulan.

Menurut Kepala Pos pemantau Kabupaten Karo saat ini juga sudah di catat mencapai level IV yang merupakan level AWAS terhadap bencana yang terjadi. Warga di sarankan untuk terlebih dahulu mengungsi ke tempat pengungsian terdekat yang terlindung dari letusan Gunung Sinabung.

Video Gunung Sinabung Meletus

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=emcJinbODDg

Masyarakat juga di ingatkan untuk tetap waspada dan selalu memakai masker untuk melindungi berbagai kejadian seperti sesak nafas akibat abu dahsyat yang menutupi daerah Sumatra.

“Cuaca pagi ini cerah, angin cukup tenang. Dikhawatirkan Kabanjahe dan Berastagi hujan abu. Imbauan kami, hindari zona merah, (masyarakat) selalu pakai masker jika terdampak. Masyarakat agar tetap waspada,” Menurut Petugas Pos PVMBG.

Erupsi yang di sebabkan juga di perkirakan menjadi Erupsi terbesar di sepanjang tahun 2018,bahkan alat pengukur erupsi sempat error akibat terlalu tingginya tingkat erupsi, warga di harapkan untuk selalu berhati hati dan sebaiknya menghindari kawasan kondisi Awas ini bagi yang ingin berkunjung.

BACA JUGA : Ramalan Bintang Zodiak Tahun 2018 Peruntungan Tahun Anjing Part 2

“Alat ukur kita sempat error’ karena cukup tinggi,” Menurut Petugas Pos PVMBG.

Kejadian ini juga sudah di kabarkan oleh PVMBG bahwa tidak ada Korban Jiwa yang cukup parah akibat letusan tersebut dan jumlah pengungsi bisa di bilang sudah tetap dan tidak ada penambahan yang memastikan bahwa semua warga sudah berlindung di tempat yang aman.

BACA JUGA : Jenis Barongsai di Seluruh Dunia, Indonesia Punya Serem Banget !!!

Sekian berita terkini gunung sinabung semoga fenomena alam ini dapat segera berhenti dan tidak ada Korban Jiwa yang terjadi dan asap kabut dapat segera steril.

DominoQQ

Berita Lainnya

Leave a Comment