7 Hewan Langka di Dunia Yang Termasuk Level Kritis Dan Terancam !!!

7 Hewan Langka di Dunia Yang Termasuk Level Kritis Dan Terancam !!!

Berita Hewan Beritasatu 24 – Hewan yang merupakan penghuni planet bumi selain Manusia memang bisa di bilang sebagai salah satu keunikan serta keajaiban alam yang seharusnya kita lindungi, namun terkadang karena keserakahan manusia untuk memiliki hewan hewan unik banyak juga hewan yang menjadi terancam dan termasuk hewan langka. Oleh karena itu kita sebagai manusia sebenarnya harus lebih terbuka terhadap lingkungan serta mahluk sesama kita. Tak hanya kepada manusia kita harus lebih perhatian juga kepada hewan dan mahluk mahluk yang tinggal di bumi ini karena tugas kita sebagai manusia juga sebagai pelindung para hewan hewan tersebut. Menjaga keseimbangan ekosistem serta merawat bumi kita ini merupakan tanggung jawab yang harus kita jaga untuk menjalankan rantai kehidupan ini agar tidak ada satupun spesies yang punah akibat keserakahan manusia ini.

Hewan Langka Di Dunia :

Ili Pika

Hewan Langka di Dunia Ili Pika

Hewan lucu yang masih merupakan salah satu keluarga hewan berjenis Pika ini mungkin blum pernah kamu lihat sebelumnya karena memang jenis hewan pika bukan merupakan jenis hewan asli Indonesia. Nah dari jenis aslinya pika ini merupakan jenis hewan yang hampir mirip seperti campuran tikus dan kelinci dengan jenis tubuhnya yang agak sedikit lebih besar dari pada Tikus. Namun walaupun hewan ini sangat lucu jenisnya yang bernama Ili Pika ini sekarang sudah termasuk menjadi jenis hewan Langka karena suatu penyebab yang blum di ketahui. Hewan endemic asli China ini pertama di temukan pada tahun 1983 dan telah menjadi salah satu jenis pika yang berbadan besar dengan telinga yang runcing yang hampir menyerupai seekor kelinci. Semenjak tahun 1983 hewan ini telah kehilangan 70% jumlah populasinya yang menjadikan jenis Ili Pika ini masuk kedalam tingkat kritis dan terancam punah. Menurut para ilmuwan hal ini di sebabkan karena tingkat perubahan iklim yang sangat drastis yang menyebabkan para Ili Pika harus naik ke puncak gunung yang lebih tinggi untuk mendapatkan sumber makanan mereka.

Macan Tutul Amur

Hewan Langka di Dunia amur leopard

kucing besar memang bisa di bilang memiliki banyak jenis mulai dari keluarga singa, harimau, Cheetah, dan Macan tutul atau yang sering di panggil Leopard. Amur Leopard adalah hewan jenis kucing paling langka yang hanya memiliki sisa 60 Amur Leopard yang berada di alam liar. Jika di alam liar sebenarnya hewan ini terdapat di 3 tempat yaitu Russia, China dan Korean Peninsula namun yang tersisa sekarang ini hanya di Russia akibat perubahan cuaca yang drasti, perburuan hewan langka serta berkurangnya habitat akibat manusia. Amur Leopard ini adalah kucing besar yang memiliki kecepatan yang cukup hebat yaitu dengan kecepatan tertinggi 60 KM perjam dan mampu melompat hingga 16 kaki dalam sekali lompatan dan dengan  berat 120 pounds macan tutul ini merupakan hewan nocturnal yang cukup ganas dalam keluarga kucing besar.

BACA JUGA : 9 Hewan Terkecil Di Dunia Yang Mungkin Tidak Masuk Akal

Vaquita

Hewan laut Langka di Dunia Vaquita

Hewan air yang termasuk kedalam keluarga lumba lumba ini bisa di bilang sebagai jenis lumba lumba yang paling unik dengan warna tubuh nya yang khas. Setelah spesies Baiji yang termasuk mamalia air yang sudah punah kini Vaquita lah yang menjadi spesies Cetacean yang paling terancam di dunia. Hewan langka di dunia ini hanya tersisa 60 di alam liar karena pemanasan global yang terlalu drastis yang menyebabkan perubahan temperatur perainan habita Vaquita tinggal. Dan terkadang hewan ini juga di tangkap oleh para pemancing ilegal yang menggunakan jaring tangkap lebar.

Pangolin

Hewan Langka di Dunia Pangolin

Ini dia hewan yang bisa di bilang paling banyak menyumbangkan manusia dosa karena faktanya hewan ini menjadi hewan yang paling banyak di perdagangkan karena di setiap tahunnya setidaknya ada 100.000 Pangolin di perdagangkan dalam perdagangan gelap. Hewan yang hidup dari hanya memakan semut serta serangga kecil ini bisa di bilang memang termasuk kedalam golongan hewan unik karena sisik kulitnya dan keunikan nya yang bisa menggulung menjadi seperti bola jika ada bahaya yang mendekati serta dengan kulit sisiknya yang keras ini pangolin memiliki ketahan tubuh yang cukup kuat. Namun walaupun seperti itu karena perdagangannya yang sangat kuat Pangolin kini sudah sangat terancam dan kritis.

Badak Sumatra

Hewan Langka Indonesia badak Sumatra

Salah satu yang sangat di sayangkan dari Indonesia ini dia Badak Sumatra, hewan khas endemic pulau Sumatra ini sebenarnya adalah hewan yang cukup tangguh sekaligus sangat berbeda dengan badak lainnya karena warna kulit serta bulu rambutnya yang panjang. Badak sumatra ini juga memiliki warna kulit coklat yang di akibatkan dari lumpur yang selalu melekat di bulu bulu panjang badak tersebut yang berguna untuk membuat badak tersebut tetap seimbang temperaturnya. Hal ini tetap saja mengecewakan dimana di Indonesia masih saja banyak orang yang masih memburu badak tersebut walaupun pemerintahan dunia seperti WWF sudah mengkabarkan bahwa badak ini hanya tersisa 220 – 275 badak sumatra di dunia. Kondisi ini juga di kabarkan sangat mengerikan di mana dalam 15 tahun di ketahui bahwa hanya ada 2 badak betina yang melahirkan dalam karantina perlindungan hewan.

BACA JUGA : 7 Serangga Paling Berbahaya Di Dunia Yang Dapat Menjatuhkan Hewan Buas Sekalipun

Rubah Darwin

Hewan Langka Indonesia Darwin fox

Rubah yang memiliki nama seperti Charles darwin yang di kenal dengan teori Darwin ini memang benar di temukan oleh Charles Darwin sendiri. Hewan satu ini merupakan hewan jenis karnivora yang sangat aktif berburu pada malam hari dan senja hari dimana rubah yang memiliki warna coklat ini hanya dapat di temukan di dua tempat yaitu taman nasional Nahuelbuta dan Pulau Chiloe yang menjadi tempat asli habitat Rubah Darwin. Saat ini spesies rubah darwin sudah menjadi Umbrella Spesies yang di artikan sebagai spesies yang di lindungi serta terancam punah karena habitatnya yang di rusak serta perburuan hewan ini baik itu oleh manusia dan oleh hewan hewan lokal seperti anjing yang suka memburu hewan tersebut.

Penyu Leatherback

Hewan laut Langka penyu leatherback

Penyu terbesar di dunia yang bisa kamu lihat sendiri dari bentuk tubuhnya yang massive dan sangat kekar ini sekarang sudah menjadi spesies Penyu laut yang paling terancam punah di dunia. Penyu terbesar di dunia ini juga memiliki keunikan yang berbeda dari jenis penyu lainnya karena memiliki tempurung yang lunak serta carape nya yang ditutupi oleh kulit serta minyak. Hewan ini bahkan bisa di bilang besar sama seperti satu manusia dewasa dengan berat yang dapat mencapai 700 kg. Menurut para peniliti di 2018 ini Penyu Leatherback juga di perkirakan hanya tersisa 2.300 ekor lagi dan sudah sangat terancam punah dengan populasinya yang kian tidak stabil sampai sekarang ini.

BACA JUGA : 7 Hewan Peliharaan Paling Setia Ini Sangat Cocok Jadi Sahabat Manusia

Nah itu dia berita unik kali ini semoga kita semua yang juga sesama mahluk hidup yang tinggal di bumi ini bisa sadar akan betapa pentingnya menjaga sesama spesies mahluk hidup agar kedepannya semua spesies hidup di bumi dapat berkembang biak dengan baik dan di lestarikan dengan baik juga oleh kita para manusia yang seharusnya menjaga bumi ini. Tapi jangan lupa juga ya untuk baca berita unik lainnya serta berita terkini dan info info seru lainnya yang pasti paling greget dan ngangenin hehe :V

Berita Lainnya

Leave a Comment